CARA PASANG GPS TRACKING



Manual Instruksi secara mendetail tentang cara pemasangan dan instalasi GPS Tracking akan kami paketkan (kirimkan)  bersamaan dengan kiriman alat GPS Tracking ke alamat anda, via TIKI JNE
Anda Dapat melakukan Pemasangan dan instalasi sendiri ke kendaraan anda, atau anda dapat konsultasikan dengan mekanik/ bengkel di kota anda.
Setelah buku petunjuk manual cara pemasangan alat anda terima, anda dapat mempelajarinya, anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan costumer servive kami via TELP, SMS, email, Yahoo Messenger.., sehubungan dengan cara pemasangan alat..

Keterangan detail tentang cara pemasangan alat GPS Tracking ada di buku petunjuk manual pemasangan, namun disini kami ilustrasikan secara Garis Besar saja tentang cara pemasangan nya..

Sebelum anda mulai memasang alat, pastikan komponen2 berikut ada :
  1. GPS Tracker
  2. Kabel Penghubung
  3. Relay
  4. Michrophone
  5. Antena GPS
  6. Antena GSM

1. LANGKAH AWAL :
MENSETTING NOMOR KARTU SIM GPS TRACKING
  1. Anda siapkan kartu Perdana GSM (Kartu Perdana yang biasa digunakan untuk HP), lalu anda aktifkan (REGISTRASIKAN) terlebih dahulu kartu perdana tersebut melalui HP anda. Kartu perdana gsm dapat anda beli di konter-konter hp.
  2. Lalu anda buka tempat (frame) kartu sim di alat GPS Tracking (lihat gambar dibawah). Tempat (frame) kartu sim terdapat disisi samping alat GPS, anda tekan tombol kecil warna kuning dengan jarum agar tempat frame kartu simcard nya terbuka keluar.
  3. Lalu anda masukkan kartu perdana/ kartu sim yang telah anda aktifkan (registrasi) ke tempat frame kartu simcard yang ada di alat GPS tracking. (hati2 jgn salah posisi meletakkan kartu sim, sisi kartu sim yang ada plat kuning harus menghadap keatas)
  4. WARNING : Pastikan selama anda melakukan langkah-langkah diatas (instalasi) kartu sim, Alat GPS Tracking dalam keadaan OFF (mati). Lihat tombol On-off di sisi samping alat GPS, pastikan tombolnya off.
  5. Jika anda melakukan instalasi kartu sim (memasukkan kartu sim kedalam frame simcard GPS Tracking), sementara alat GPS dalam keadaan ON (hidup), kerusakan mungkin akan dapat terjadi pada alat.
  6. Setelah anda selesai memasukkan kartu sim kedalam frame/tempatnya, tekan kembali framenya sampai tertutup rapat seperti semula.
  7. Lalu anda rangkaikan komponen-komponen, lihat contoh gambar pada Cara Pemasangan Alat
 


(cara membuka frame tempat simcard, tekan tombol kecil yang berwarna kuning dengan bantuan jarum)







(masukkan simcard/kartu perdana gsm yang telah diaktifkan/ diregistrasi terlebih dahulu melalui hp)
ctt : jgn salah menempatkan posisi simcard, PASTIKAN gps tracker dalam keadaan OFF

2. CARA PEMASANGAN ALAT

Setelah ke 6 (enam) komponen2 pada gambar diatas anda pastikan lengkap anda terima, silakan anda pelajari cara menghubungkan antar komponen..
Kabel GPS Antena anda hubungkan dengan alat GPS Tracking (cok/plug nya anda sambungkan, lihat gambar..)



Kabel GSM Antena juga anda hubungkan dengan alat GPS Tracking, pada cok/plug GSM antena yang ada pada alat GPS Tracking. Demikian juga dengan kabel michrophone, juga anda sambungkan dengan alat GPS Tracking ( lihat petunjuk gambar di bawah ini )

Antena GPS harus anda letakkan di tempat yang agak terbuka, Antena GSM tidak apa-apa diletakkan ditempat yang tertutup/ tersembunyi.
Lihat Gambar dibawah ini; posisi antena GPS yang kami rekomendasikan
 






Pada komponen Kabel Penghubung anda akan menemukan Saklar, Hubungkan saklar kabel penghubung tersebut dengan Relay, seperti gambar diatas...




















Pada komponen Kabel Penghubung, anda akan menemukan saklar yang dihubungkan langsung ke alat GPS tracking, anda hubungkan/ cokkan saklar kabel tersebut ke alat port/plug alat gps tracking seperti gambar diatas..















Pada komponen Kabel Penghubung, anda akan menemukan 3(tiga buah) kabel tipis yang berwarna : Merah, Hitam, Biru.
Kabel Merah dan Hitam dihubungkan dengan POWER (ACCU)
Kabel Biru dihubungkan dengan DOOR SWITCH / input side door (terdapat disisi pintu depan sebelah kanan, kelihatan jika pintu dibuka, dan dashbor pintu dibuka)

Kabel yang dihubungkan dengan power(accu) tidak harus langsung tersambung dengan accu, tapi dapat melalui kabel kunci kontak (power)...[konsultasikan dengan mekanik anda]

Jika anda kurang memahami tentang KELISTRIKAN dan PERBENGKELAN, dan anda kurang faham tentang letak-letak KAbel Mobil, kami anjurkan anda berkonsultasi dengan Mekanik/Teknisi otomotif di kota tempat anda, untuk menghindari kesalahan penyambungan kabel. Anda dapat mencetak/ mem-PRINT literatur halaman ini sebagai referensi bagi mekanik/ bengkel anda.


















Selanjutnya anda akan menemukan 2(dua) buah kabel di bagian komponen kabel penghubung, yaitu kabel berwarna : MERAH TEBAL dan KUNING TEBAL (LIHAT GAMBAR DIATAS)

Kedua kabel tersebut akan dihubungkan dengan kabel Fuel Pump Control (Kontrol Pompa Bensin), biasanya kabel fuel pump terdapat di bagian sisi pintu depan sebelah kanan, jika pintu dibuka, cover dashbor bawah pintu anda buka, anda cari kabel berwarna merah. Logikanya: jika kabel ini diputus maka pompa bensin (fuel pump) tidak akan berfungsi, maka mesin mobil akan mati (off).

Kabel Fuel Pump terlebih dahulu anda putuskan dengan pisau atau gunting. Setelah terputus baru anda hubungkan kabel fuel pump yang terputus tadi dengan kabel Merah Tebal dan Kuning Tebal.

Kabel Warna Kuning (tebal) disambung dengan kabel fuel pump yang telah diputus (kabel yang menuju ke fuel pump/ yang tidak ada arus, karena sudah diputus kabelnya)

Kabel Warna Merah (tebal) disambung dengan kabel fuel pump yang telah diputus (kabel yang dari fuel pump kontrol/ yang masih ada arus, karena kabel ini masih tersambung dengan power)


Pada akhirnya Kabel Fuel Pump yang anda putuskan tadi menjadi tersambung kembali melalui perantara Kabel Merah Tebal dan Kabel Kuning Tebaltadi.
Jadi Kabel Merah tebal dan Kuning tebal  tadi berfungsi sebagai saklar atau kabel penghubungnya.
Kabel Merah tebal dan Kuning tebal ini berfungsi untuk menu perintah mematikan mesin mobil dan menghidupkan kembali mesin mobil dari HP anda.


Masing-masing mobil bisa jadi mempunyai letak perkabelan dan warna kabel yang mungkin berbeda antara satu jenis merk mobil dengan merk mobil yang lainnya, kami sarankan anda berkonsultasi dengan mekanik otomotif / bengkel di kota anda, untuk menghindari kesalahan pemasangan..(dengan membawa literatur dan gambar-gambar tentang cara pemasangan) yang telah anda cetak/ print dari blog kami ini)


JIKA ADA YANG TIDAK JELAS TENTANG PENJELASAN DIATAS SILAKAN HUBUNGI KAMI...

SETELAH SEMUA KOMPONEN ANDA HUBUNGKAN DENGAN BENAR, ANDA ON(HIDUPKAN) SWITCH ON yang ada di sisi samping alat GPS, lalu anda lakukan langkah selanjutnya yaitu : Mensetting NOMOR MASTER

Ketika switch ON yang ada disisi samping alat GPS anda hidupkan, maka lampu LED akan berkedip

Lampu LED Merah berkedip menandakan SIGNAL GSM bekerja, Lampu LED Bitu berkedip menandakan SIGNAL GPS bekerja. Mula-mula lampu LED MERAH akan berkedip selama beberapa detik, yang menandakan bahwa tracker sedang mencari jaringan GSM (signal HP). Setelah terhubung, lampu LED merah akan berkedip selang 3 detik sekali.
Lampu LED Biru berkedip menandakan tracker sudah mendapat SIGNAL GPS dari satelit.

Gambar dibawah ini bisa menjadi salah satu alternatif lokasi tempat meletakkan Alat GPS Tracker, yaitu dibawah dashbor depan.
 

















3. SETTING NOMOR MASTER
Nomor Master adalah nomor HP anda yang akan digunakan untuk mengirimkan sms-sms perintah ke alat GPS Tracking. Sebelum anda bisa memfungsikan HP anda sebagai media untuk aplikasi-aplikasi GPS Tracking, terlebih dahulu anda SETTING dulu nomor HP anda sebagai nomor MASTER. Caranya sebagai berikut :
  1. Kirim format berikut ke nomor simcard alat GPS Tracking : 
    *master=no:password#  contoh: *master=085266997763:1234# (password standar = 1234). Pastikan alat gps sudah terpasang dengan sempurna ketika anda mensetting nomor master ini, dan pastikan alat gps dalam keadaan ON (hidup), dan anda berada pada tempat/ daerah yang ada sinyal GSM/sinyal HP nya.
  2. Setelah format diatas anda kirimkan via sms ke nomor sim card alat gps, anda akan mendapatkan konfirmasi balasan sms bahwa nomor Master telah aktif.
  3. Setelah Nomor Master aktif barulah anda bisa melakukan berbagai macam aplikasi perintah ke alat GPS tracking melalui HP anda melalui SMS dan telp.
  4. Berbagai macam aplikasi menu perintah selengkapnya dapat anda lihat di Menu SMS Perintah
CATATAN :
Setelah semua proses instalasi dan pemasangan selesai dan sukses, selalu cek dan jaga agar pulsa yang ada di kartu GSM/simcard yang ada di alat GPS anda tetap dalam masa aktif dan ada pulsanya. jangan biarkan karu GSM simcardnya mati atau dalam masa tenggang. Apabila kartu mati anda harus reset ulang kartu GSMnya dengan cara mengeluarkan kembali kartu GSM yg mati, dan melakukan langkah-langkah instalasi mulai dari awal.
Jika pulsa yang ada di kartu GSM/ simcard tidak ada, maka alat GPS tidak bisa merespon setiap menu perintah yang anda kirimkan..

HAL-HAL YANG MASIH MERAGUKAN ANDA TENTANG CARA PEMASANGAN DAPAT ANDA TANYAKAN KEPADA KAMI VIA TELP ataupun SMS

HP : 0852 6699 7763 (Ari Wahyudi)
email : ari_whyd1980@yahoo.com
ym : ari_whyd80